Rabu, 14 Maret 2012

Penggunaan teknologi robot untuk peperangan

Teknologi robot kini dirancang dan dipersiapkan untuk melakukan peperangan masa depan. robot di masa depan memungkinkan untuk melakukan strategi dan bertempur dengan musuh sendiri di medan perang. Penerapan teknologi robot untuk penggunaan militer  memang sedang di kembangkan bahkan sudah menjadi trend untuk Negara-negara maju saat ini. Tercatat sekitar 50-80 negara di seluruh dunia telah menggunakan robot sebagai pendukung pasukan militer  dan dikerahkan untuk tujuan militer dalam peran operasional baik sudah, atau sedang dalam proses membangun atau mengakuisisi teknologi robot terbaru untuk melengkapi sistem pertahanan mereka dengan  strategi yang ekstra.

Kelemahan dari teknologi robot

Sistem robot militer bukanlah hal yang luar biasa. Anda mungkin melihat mereka di media berita sepanjang waktu. Kelemahan sistem robot ada dua: pertama, militer lebih suka menyebutnya unit tak berawak, dan kedua, mereka tidak sesuai dengan representasi budaya populer robot baik sebagai unit humanoid yang mampu mengambil keputusan independen atau mekanisme strategi yang memiliki resiko besar dan luar biasa.

Aplikasi Teknologi Robot

Sebagai contoh konkrit dari penggunaan robot di medan peran adalah robot yang berbentuk pesawat pengintai tampa awak yang bertugas sebagai mata-mata dan pengawasan udara terhadap pergerakan musuh. Penggunaan robot juga dapat digunakan untuk menggantikan operator rudal onboard. Hal ini dapat dioperasikan dengan remote tanpa mempertaruhkan hidup awak. Tentu saja, ini memerlukan biaya yang besar dan mahal, tetapi operator militer terlatih dianggap lebih bernilai dan berharga, karena tidak mungkin ada komandan militer akan memilih kehilangan seorang pria di atas mesin.  Sementara penggunaan robot yang paling canggih saat ini adalah robot pendeteksi dan penjinak bom, robot ini mampu mendeteksi dan menjinakkan bom yang dipasang di darat dan di lautan (bawah laut) robot ini hanya perlu di control dengan menggonakan remot control atau robot ini dapat berjalan dan bekerja sendiri sesuai dengan sensor yang telah terpasan di robot tersebut.
Harapan di Masa Depan Dekat

Hari itu akan datang ketika teknologi robot dalam peperangan dapat mencerminkan visi bahwa ilmu-fiksi penulis telah dikembangkan. Sampai saat itu, militer menempatkan teknologi robot untuk penggunaan yang urgen besar untuk membantu dan melengkapi usaha manusia dalam situasi medan perang tertentu yang berbahaya dan tidak bisa melakukan  sedikitpun kesalahan. Hal ini tentu sangat membantu dan menolong manusia untuk terhindar dari kondisi dan situasi yang berbahaya. Menyadari pentingnya penggunaan robot di masa depan, maka teknologi robot untuk keperluan militer terus dikembangkan. Bahkan yang terbaru untuk dikembangkan adalah menggantikan pilot jet tempur dengan teknologi robot, diharapkan dengan penerapan teknologi robot ini, akan menyelamatkan nyawa pilot yang tak terhitung jumlahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Selamat datang di blog yang membahas lengkap tentang perkembangan robot terkini, terbaru n ter up to date.

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.