Sabtu, 14 April 2012

Robot gurita dengan tentakel yang mirip aslinya


Robot gurita yang  sedang dikembangkan oleh sekelompok ilmuan dari Reading University, Inggris menggunakan teknologi baru, setiap bagian dari robot dibuat semirip mungkin dengan gurita aslinya, bahkan tentakel dibuat tanpa menggunakan tulang dan kerangka sehingga benar-benar menyerupai aslinya. Bukan hanya pada  tampilan dan bentuknya, robot gurita ini juga dirancang khusus agar memiliki fungsi yang sama dengan gurita sungguhan. 

Robot gurita dengan tentakel yang istimewa

Robot gurita ini mampu melakukan manuver yang luar biasa, berkat otak yang relatif besar, kontrol motor yang sangat halus, dan struktur tentakel yang terbuat dari sucker yang nyaris tanpa tulang untuk membantu lengan memegang benda-benda di sekitarnya. Tentakel terbuat dari paduan kabel baja dan nilon yang dibungkus kulit berbahan silikon. Dengan menggunakan kedua paduan bahan tersebut, tentakel bisa menggeliat seperti ular mengelilingi obyek sebelum akhirnya menggenggamnya. Tentakel gurita tampa bertulang juga dilapisi alat penghisap untuk membantu meraih benda-benda agar mendekat. 

Sensor pada Robot gurita

Tantangan besar dari robot gurita terletak pada sensor-motor yang dapat mengontrol pergerakan dan memaksimalkan kemampuan gurita. Sensor-motor mengadopsi pendekatan desain baru ICT dan teknologi robotika untuk membangun sebuah pegerakan robot yang halus dan flexible. Robot gurita ini memiliki anatomi 8 lengan tentakel, yang memiliki kinerja yang serupa dalam air maupun di darat, dalam hal penerapan ketangkasan, kecepatan, kontrol, dan fleksibilitas.

Anda dapat melihat pada video berikut bagaimana robot gurita ini, bekerja dan beroperasi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Selamat datang di blog yang membahas lengkap tentang perkembangan robot terkini, terbaru n ter up to date.

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.