Sabtu, 14 Januari 2012

Cara membuat robot Omni Wheels

Menurut bahasa Omni Wheels dapat diartikan sebagai roda yang di desain khusus sehingga arah jalannya lebih dari satu arah. Nah jadi desain casis nya menyerupai segitiga sama sisi, di setiap ujung nya ada 2 roda yang berdempetan. Omni-wheels sendiri mempunyai 2 tipe, dengan 3 roda dan 4 roda, artinya total roda ada 6 buah + 3 buah motor servo cont 360 degree. jadi, Omni Wheels Robot termasuk dalam kategori holonomic yaitu robot yang dapat bergerak kesegala arah tanpa harus memutar body robot terlebih dahulu. 


Bahan yang di butuhkan untuk membuat robot Omni Wheels adalah sebagai berikut :


casis omni wheels :


 
Motor Servo 360 degree :



Roda Omni:





  Downloader Avr 8535  :    


  
   Avr 8535  :



  
 Lcd 16x2:




 Adapun cara membuatnya yaitu sebagai berikut :


casis omni wheels dan motor Servo 360 degree di rangkai sehingga terbentuk sebuah casis omni dengan motor servo sebagai tempat dari roda omni, berikut gambarnya :



Tahap selanjutnya adalah menempatkan roda omni di ujung motor servo, kemudian di atas casis omni di tempatkan sebuah base yang terbuat dari fiberglass sebagai tempat dan dudukan dari Avr 8535 dan lcd 16x2, kemuduan di samping kiri dan kanan robot tersebut di tempatkan 3 buah sensor.







Selanjutnya Downloader avr  8535 digunakan untuk mendownload dan memindahkan kode program dari komputer untuk di gunakan untuk robot ini.


Anda juga dapat mendapatkan informasi berkaitan dengan dunia robot terkini dalam bentuk artikel berbahasa inggris di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Selamat datang di blog yang membahas lengkap tentang perkembangan robot terkini, terbaru n ter up to date.

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.